Thursday, July 12, 2012

Tips Menyambut Ramadhan

Tips Menyambut Ramadhan -

Tips Menyambut Ramadhan - Tips Menyambut Ramadhan : Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh..semoga para sahabat masih tetap dalam limpahan rahmat Allah, SWT utamanya dalam menyambut Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi..dalam kesempatan kali ini PEMULA PUNYA BLOG akan coba share tentang berita islami tips menyambut ramadhan yang bersumber dari BeritaPKS.com yakni 8 tips menyambut ramadhan..baiklah langsung saja..cekidot berita islami tips menyambut ramadhan..


Ramadhan yang penuh kelimpahan kebaikan dan keutamaan, akan dapat dirasakan dan diraih ketika ilmu tentang Ramadhan dipahami dengan baik.
Bayangkan, para generasi awal Islam sangat merindukan bertemu dengan bulan suci ini. Mereka berdo’a selama enam bulan sebelum kedatangannya agar mereka dipanjangkan umurnya sehingga bertemu dengan Ramadhan. Saat Ramadhan tiba, mereka sungguh-sungguh meraih kebaikan dan
keuataman Ramadhan. Dan ketika mereka berpisah dengan Ramadhan, mereka berdo’a selama enam bulan setelahnya, agar kesungguhannya diterima Allah swt. Kerinduan itu ada pada diri mereka, karena mereka sadar dan paham betul keutamaan dan keistimewaan Ramadhan.
Bagaimana menyambut bulan Ramadhan? Berikut kami hadirkan “Berita Islami Tips Menyambut Ramadhan” :

1. Berdoa agar Allah swt. memberikan umur panjang kepada kita sehingga kita berjumpa dengan bulan Ramadhan dalam keadaan sehat. Dengan keadaan sehat, kita bisa melaksanakan ibadah secara maksimal: Puasa, shalat, tilawah, dan dzikir. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan. Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab  dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad dan Tabrani)

2. Pujilah Allah swt. karena Ramadhan telah diberikan kembali kepada kita. Imam An Nawawi dalam kitab Adzkar-nya berkata: ”Dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan kebaikan dan diangkat dari dirinya keburukan untuk bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur; dan memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan keagungannya.” Dan di antara nikmat terbesar yang diberikan Allah swt. kepada seorang hamba adalah ketika dia diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah dan ketaatan.



3. Bergembira dengan datangannya bulan Ramadhan. Rasulullah saw. selalu memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya setiap kali datang bulan Ramadhan: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).


4. Rencanakan agenda kegiatan harian untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadhan. Ramadhan sangat singkat, karena itu, isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang bisa membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

5. Kuatkan azam, bulatkan tekad untuk mengisi waktu-waktu Ramadhan dengan ketaatan. Barangsiapa jujur kepada Allah swt., maka Allah swt. akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahnya melaksanakan aktifitas-aktifitas kebaikan. “Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” Muhamad:21.

6. Pahami fiqh Ramadhan. Setiap mukmin wajib hukumnya beribadah dengan dilandasi ilmu. Kita wajib mengetahui ilmu dan hukum berpuasa sebelum Ramadhan datang agar amaliyah Ramadhan kita benar dan diterima oleh Allah swt. “Tanyakanlah kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahu.” Al-Anbiyaa’ ayat 7.

7. Kondisikan qalbu dan ruhiyah kita dengan bacaan yang mendukung proses tadzkiyatun-nafs –pemberishan jiwa-. Hadiri majelis ilmu yang membahas tentang keutamaan, hukum, dan hikmah puasa. Sehingga secara mental, dan jiwa kita siap untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah swt. di bulan Ramadhan.

8. Tinggalkan dosa dan maksiat. Isi Ramadhan dengan membuka lembaran baru yang bersih. Lembaran baru kepada Allah, dengan taubat yang sebenarnya taubatan nashuha. “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” An-Nur:31. Lembaran baru kepada Muhammad saw., dengan menjalankan sunnah-sunnahnya dan melanjutkan risalah dakwahnya. Kepada orang tua, istri-anak, dan karib kerabat, dengan mempererat hubungan silaturrahim. Kepada masyarakat, dengan menjadi orang yang paling bermanfaat bagi mereka. Sebab, “Manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Demikian tips menyambut ramadhan - Semoga Allah swt. memanjangkan umur kita sehingga berjumpa dengan Ramadhan. Dan selamat meraih kebaikan-kebaikannya. Amin ya Rabbana. Allahu a’lam
`Pemula Punya Blog

Ditulis Oleh : Unknown // 10:58 PM
Kategori:

Ditulis Oleh : Unknown ~ PEMULA PUNYA BLOG ~

Artikel Tips Menyambut Ramadhan ini diposting oleh Unknown Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel Tips Menyambut Ramadhan ini.Di Posting Thursday, July 12, 2012. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar Untuk Itu Silahkan Berikan Komentar Anda Apa Aja Pada Kotak Komentar Di Bawah. Semoga Artikel Tips Menyambut Ramadhan dapat Memberi manfaat untuk Anda ..Trima Kasih.. HAPPY BLOGGING :)

13 comments:

  1. Marhaban ya ramadhan sob... :)
    Nice tips :)

    ReplyDelete
  2. mas, numpang tanya. cara buat permalink seperti di blog sampeyan gmana ya? kok bagus sekali. bagi info donk mas... jawabanya bisa sampeyan kirim di blogku
    http://www.bocahdoko.co.cc/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sobat..aku tidak begitu paham maklum newbie..permalink yang mana sobat..hehehe..

      Delete
  3. alhamdulillah, syukron sudah diingatkan dalam kebaikan..marhaban yaa ramadhan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marhaban Yaa Ramadhan..Thanks Sobat sudah berknjung..

      Delete
  4. alhamdulillah Sebentar Lagi Kita Semua Yang Beragama Islam Akan Menyambut Bulan Ramadhan Yang Penuh Berkah, Semoga Kita Bisa Melaksanakan Dengan Sebaik2 Nya...Amin

    ReplyDelete
  5. selamat menyambut bulan suci ramadhan, mohon maaf lahir batin ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sobat..selamat menyambut bulan suci ramadhan..Marhaban Yaa Ramadhan..

      Delete
  6. Replies
    1. Thanks sobat..sudah mampir..happy blogging..

      Delete
  7. Selamat menunaikan ibadah puasa gan. semoga ibadah kita digolongkan kedalam ibadah orang-orang beriman. Amiin

    ReplyDelete

Powered by Blogger.